Optimasi tingkat konversi

Kata kunci pemasaran adalah "Konversi" yang merupakan aspek paling penting dalam menjalankan situs web. Ini pun meliputi segala sesuatu yang membuat sebuah situs web tumbuh besar.

Hal-hal yang membuat situs web tumbuh besar antara lain: kualitas produk, kualitas konten, optimasi mesin pencari, desain dan pengalaman pengguna. Website yang mengkonversi dengan baik, pasti akan memiliki semua bidang ini dan tentunya berjalan lebih baik dari pesaing mereka.

Apa optimisasi tingkat konversi?


Bagi sebagian orang kata konversi bisa disalah artikan karena kebanyakan orang berpikir hal ini hanya sebagai 'panggilan untuk bertindak' atau hanya meningkatkan klik halaman web.

Optimasi tingkat konversi adalah metode menciptakan "pengalaman" untuk pengunjung website atau halaman arahan dengan tujuan meningkatkan persentase pengunjung yang mengkonversinya menjadi pelanggan.

Hal ini dapat dicapai dengan melihat ke dalam sejumlah elemen dari website, dari desain hingga konten.

Ketika memulai proses optimasi tingkat konversi ada enam faktor yang patut dipertimbangkan:


  • Proposisi Nilai: artinya jumlah semua biaya/waktu dan manfaatnya dari tindakan mengunjungi website anda. Apa manfaat yang dirasakan keseluruhan pengunjung anda? Biaya-biaya dan manfaat yang didapatkan tersebut yang kemudian kita sebut "proposisi nilai".
  • Relevansi: Apakah konten website / halaman anda sudah sesuai dengan apa yang diharapan pengunjung anda? Apakah kebutuhan "proposisi nilai"mereka sudah cocok?
  • Kejelasan: Apakah pesan utama "untuk melakukan tindakan" atau klik pada situs web anda dan "proposisi nilai" sudah cukup jelas?
  • Kesalahan laman tidak ditemukan: Apakah ada unsur-unsur tertentu di website / halaman yang menciptakan ketidakpastian untuk pengunjung atau yang benar-benar hilang?
  • Selingan: Dimanakah halaman ungulan situs anda atau halaman arahan pada situs web anda? Apakah itu cukup membantu untuk menyampaikan pesan kepada pengunjung website anda? Adakah tampilan website / halaman yang diluar topic? Apakah hal itu memiliki pesan yang saling bertentangan?
  • Urgensi: Mengapa pengunjung anda harus mengikuti saluran konversi anda? Apa insentif, penawaran dan presentasi yang akan membuat mereka mengambil tindakan yang diinginkan?

Cara melakukan optimasi tingkat konversi?


Dalam rangka mengoptimalkan tingkat konversi seperti yang disebutkan di atas, ada daerah dasar untuk kita lihat dan perlu ditingkatkan:


  • Desain: Ini termasuk desain pengalaman pengguna (UX desain), Call to Action, Graphics / Display, Kualitas produk.
  • Isi: Kualitas konten, Presentasi konten
  • Search Engine Optimisation (SEO): judul akurat, kata kunci yang relevan, meta-data yang benar, gambar dan video. Semua ini harus jelas, deskriptif dan dengan nama-nama dan kata kunci yang benar.
  • Pengujian: Sebuah kontributor kunci keberhasilan adalah terus mengukur dan menguji apa yang berhasil dan apa yang tidak. Ini adalah proses eksperimen yang berkelanjutan.

Ringkasan:

Fakta di atas tidak berarti komprehensif dan apa yang bekerja untuk satu situs mungkin tidak bekerja bagi situs lainya. Hal ini disebabkan fakta bahwa setiap website memiliki pesan sendiri, tujuan dan karakter yang berbeda-beda.

Optimasi tingkat konversi dapat memiliki efek keberhasilan jangka panjang pada website anda. Optimasi tingkat konversi adalah proses yang berkelanjutan dalam lingkungan yang selalu berubah. Semakin luas hal dalam website anda semakin tinggi kemungkinan untuk berhasi menarik minat baca pengunjung.